Terluas Se-Asia Tenggara

Gramedia Matraman

Minat baca masyarakat Indonesia khususnya Jakarta memang masih rendah. Lihat saja, Dari 12 juta penduduk Jakarta, hanya ada sekitar 200 orang per hari yang mengunjungi perpustakaan. Dari angkat tersebut hanya 20% saja  yang meminjam buku. Selain itu jumlah penduduk dengan jumlah toko buku yang ada juga tidak sebanding.

Hal tersebut diakui oleh Petrus Waworuntu, Direktur Eksekutif PT Gramedia Asri Media yang membawahi jaringan toko buku Gramedia di seluruh Indonesia. Petrus mengatakan saat ini jika dilihat dari sisi penjualan buku masih sangat memprihatinkan. “Saat ini hanya buku Harry Potter saja yang bisa menembus angka penjualan sampai 40.000 eksemplar.” ungkapnya.

Namun hal tersebut tidak menyurutkan Toko Buku Gramedia untuk mengembangkan usahanya. Pada tanggal 28 Desember 2007 kemarin, Toko Buku Gramedia baru saja meresmikan gedung yang baru saja mereka renovasi di bilangan Matraman.

Semula, toko ini luasnya kurang lebih 4.000 meter persegi.  Setelah direnovasi  meningkat menjadi 7.097 meter persegi dan menyediakan 130.379 judul buku. Perluasan lahan ini menjadikan Toko Buku Gramedia Matraman sebagai toko buku terbesar se-Asia Tenggara.

Klaim sebagai tersebut bukan omong kosong belaka. Jika dibandingkan dengan Malaysian Publishing House (MPH) Bookstores, toko buku terbesar di Malaysia dan juga Kinokuniya Singapura, toko buku terbesar di Singapura, Gramedia Matraman jauh lebih luas. MPH  Bookstores hanya seluas 2.250 meter persegi, sedangkan  Kinokuniya Singapura hanya seluas 3.600 meter persegi.

Petrus mengatakan, Toko Buku Gramedia lebih memilih untuk memperluas toko buku Matraman daripada membuka di tempat lain karena selama ini toko buku Gramedia luasnya hanya sekitar 1.500-2.000 meter persegi saja. Dan lahan seluas itu tidak bisa menampung jumlah buku yang saat ini semakin banyak.”Kadang buku itu hanya mampir saja di Gramedia, kalau ada judul baru lagi langsung diganti.” kata Petrus.

Konsep yang diusung oleh Toko Buku Gramedia ini pun cukup menarik. Di lantai dasar terdapat beberapa gerai makanan cepat saji seperti Dunkin’ Donuts, Es Teller 77, Crepe ‘n Crepes atau Regina’s Bakery. Menurut Petrus, beberapa gerai makanan tersebut disediakan karena kadang orang membutuhkan waktu lama untuk memilih buku. Jika mereka lapar mereka bisa langsung mencarinya di situ,”kan nggak perlu ke tempat lainnya.” kata petrus. Dan jika mereka sudah kenyang, mereka bisa melanjutkannya lagi.

Toko buku terbesar se-Asia Tenggara ini ditata cukup informatif. Banyak tanda yang diberikan untuk memberikan informasi letak buku-buku tertentu. Pembagiannya pun cukup jelas. Lantai dasar diisi oleh perlengkapan komputer dan juga peralatan kerja. Lantai 1 diisi dengan buku-buku impor, buku bisnis dan majalah, lantai 2 diisi dengan buku-buku agama-psikoligi, novel, dan juga sosial politik. Dan lantai 3 diisi dengan buku anak-anak.

Di setiap ujung eskalatif terdapat satpam yang siap sedia memberikan informasi yang anda butuhkan. Misalnya saja di mana letak buku atau dimana harus membayarnya. Ananda, salah seorang pengunjung mengatakan bahwa setelah renovasi, koleksi buku yang disediakan oleh Gramedia cukup lengkap.

Pengunjung lain yaitu Agung  Kusumawardana juga mengatakan hal yang sama. Menurut Agung, dibandingkan dengan toko buku lain yang pernah dikunjunginya, Gramedia Matraman merupakan yang terbesar.”Sayangnya komputer yang menyediakan direktori buku apa saja yang dijual dan dimana tempatnya kurang.” ungkap Agung.

Selain itu Ananda menyukai toko buku gramedia Matraman karena lokasinya yang dekat dengan halte busway.”Jadi naik busway dari Cilandak bisa langsung ke sini.” tuturnya.

One Response to “Terluas Se-Asia Tenggara”

  1. Hi! This is kind of off topic but I need some help
    from an established blog. Is it tough to set up your own blog?
    I’m not very techincal but I can figure things out pretty fast.

    I’m thinking about setting up my own but I’m not sure where to start.
    Do you have any tips or suggestions? Thank you

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: