Nikmatnya Gulai Subuh Pakde Marto

JIKA bertanya pada orang Jakarta, di mana kedai gulai yang paling terkenal, jawabannya sudah pasti Gultik Bulungan alias gule tikungan yang terletak di bunderan Bulungan, Jakarta Selatan. Di sana berderet-deret kedai gulai yang akrab bagi  anak-anak muda. Maklum saja, jajaran kedai tersebut buka selama 24 jam. Jadi, selain sebagai tempat makan, juga bisa sebagai tempat nongkrong.

Namanya tempat nongkrong, kualitas rasa pun dinomorduakan. Nah, jika ingin  gulai dengan citarasa tinggi, coba kunjungi kedai gulai milik Pak  Marto Prawiro. Letaknya tak jauh dari Bulungan. Persisnya di  Jalan Barito.  Tepatnya  di depan Hero Barito.

Tapi ingat, kedai ini tak bisa Anda kunjungi sembarangan waktu.  Soalnya jam bukanya sedikit aneh, dari jam tiga dini hari hingga dagangan habis atau sekitar jam delapan pagi.

Pak Marto atau sering dipanggil dengan sebutan Pakde, si pemilik kedai, mengaku sudah berjualan gulai di Jakarta sejak tahun 1960. Sebelum menepati lokasinya yang sekarang, Pakde membuka kedai di Taman Barito. “Tetapi tak lama berjualan di sana, saya disuruh pindah ke sini,” tutur Marto. Pria yang berasal dari Sukoharjo, Jawa Tengah itu mengaku, termasuk salah seorang pionir dalam berjualan gulai di daerah selatan. Ngomong-ngomong soal rasa, tentu sebaiknya Anda mencicipi sendiri. Tetapi, pengunjung kedai Marto biasanya terkesan pada kunjungan pertama.

Setiap pengunjung yang datang langsung mendapat segelas teh tawar hangat dan sepiring kerupuk. Selanjutnya, Pakde dan anaknya akan meracik gulai. Sebuah piring tertutup nasi mengepul panas dengan irisan jeroan kambing. Kuah gulai baru kemudian diguyur ke dalam piring. Untuk menambah rasa, jangan lupa menambahkan bawang goreng dan kucuran jeruk nipis. Jika ingin tambahan pedas atau manis, di meja sudah tersedia sambal dan kecap manis.

Jangan terlalu banyak mengambil sambal, karena sesendok saja akan membuat rasa pedas menempel di lidah Anda. Jika kebanyakan Anda pasti berkeringat habis. Anda jangan berharap bisa memesan teh botol dingin atau air mineral dingin, soalnya kedai ini hanya menyediakan teh tawar hangat saja.

Rasa gulai sangat kental. Kombinasi nasi yang pulen dengan irisan jeroan kambing yang gurih dan lembut mengajak untuk menyendok hingga  isi piring tandas. “Anda tak bakal mencium bau prengus kambing di sini,” tutur Marto. Memang, biasanya masakan kambing akan selalu bernuansa bau tak sedap. Tetapi di gulai racikan Marto, bau tak sedap kambing sama sekali lenyap. Marto tak mau mengungkapkan apa resep dari gulainya, ”Pokoknya racikan khas rahasia keluarga,” ungkapnya sambil tertawa.

Untuk bisa menikmati sepiring nasi gule racikan Pakde, tak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Harganya tak berbeda jauh dengan Gultik Bulungan kok. Tapi ingat, meskipun cukup murah dan bakal menggoyang lidah,  isi gulai Pakde dipenuhi dengan jeroan kambing. Jadi, jika pengen nambah, ingat-ingat kadar  koresterol.

Buat yang Pulang Dugem Atau Berangkat Kerja
karena jam bukanya yang sedikit aneh yaitu dari jam empat subuh hingga kurang lebih jam delapan pagi, pengunjung kedai Marto pun tak bisa ditebak. Yaitu orang yang pulang dari dugem atau mereka yang akan berangkat kerja. Pakde bercerita bahwa saat ia sedang bersiap-siap pun sudah banyak orang yang menunggu, “Mereka pada nunggu di dalam mobil,” tuturnya dengan logat Jawa medok.

Mungkin mereka yang tak beranjak keluar dari mobil merasa tak akrab dengan musik yang disajikan oleh Marto. Setiap berjualan pria yang sudah agak bungkuk ini selalu memasang gelombang radio Safari yang melantunkan kembang-tembang Jawa. Seorang pengunjung di kedai Marto mengatakan bahwa hangatnya the tawar dan pedasnya gulai bisa membuat sadar dan menghilangkan rasa mabuk.

Beranjak agak terang, pengunjung kedai Marto berubah. Yaitu orang-orang yang akan berangkat kerja. Mulai dari supir bajaj hingga pekerja kantoran yang menggunakan mobil sedan mewah, “Kadang sampai nggak ada lagi tempat parkir,” ungkap Marto bercerita.

One Response to “Nikmatnya Gulai Subuh Pakde Marto”

  1. Artikel di blog ini menarik & bagus. Untuk lebih mempopulerkan artikel (berita/video/ foto) ini, Anda bisa mempromosikan di infoGue.com yang akan berguna bagi semua pembaca di tanah air. Telah tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: