Janet Jackson: Kembali Ke Selera Asal

Tak mau berlama-lama menyesali keterpurukan, Janet Jackson menerbitkan album baru yang berjudul Discipline. Lagu pop dengan tempo lambat menjadi andalan album baru Janet.
SUDAH cukup lama suara Janet Jackson tak berkumandang di jagad musik internasional. Namun pada akhir Februari lalu, adik perempuan King of Pop Michael Jackson akhirnya kembali terdengar.

Janet kembali ke pentas hiburan dengan mengusung album terbaru berjudul Discipline. Album kesepuluh Janet yang berisi 22 lagu ini menempatkan Feedback sebagai lagu andalan.

Untuk mengingatkan dunia dengan namanya, Janet merilis dahulu lagu Feedback di radio-radio, setelah itu ia baru kemudian ia meluncurkan albumnya. Cukup unik bukan. Lagu Feedback mulai dirilis sejak tanggal 7 Januari 2008. Sedangkan albumnya baru keluar ke pasar pada akhir Februari yang lalu.

Tak mau gagal seperti album sebelumnya yang jeblok di pasaran, Janet mencoba kembali ke selera asal. Dalam album ini ia kembali membawakan lagu-lagu yang bertempo lambat. Tetapi meskipun begitu, sentuhan musik modern seperti techno, rhytm and blues (R&B) tetap terdengar di beberapa lagu dalam album Discipline ini.

Untuk lagunya yang berjudul Can’t B Good, Curtain dan Discipline, sangat terasa sekali gaya musik Janet yang sebenarnya, saat ia masih berada di bawah naungan Jackson 5. Temponya lambat dan mendayu-dayu.

Tapi meskipun begitu, anda masih bisa mendengar beberapa lagu lain yang berirama cukup cepat dengan balutan musik elektro. Seperti lagu andalan Feedback, yang kental dengan irama R&B plus suara-suara robot dan efek-efek vokal elektro yang sangat kental.

Kembalinya adik kandung King of Pop, Michael Jackson ke dalam irama pop lambat ini sepertinya untuk membalas dendam di kedua album sebelumnya yang jeblok. Di Amerika, album “20 Y.O” yang dirilis pada tahun 2006 hanya terjual sebanyak 648 ribu saja. Sedangkan album “Damita Jo” yang dirilis pada tahun 2004 hanya terjual 999 ribu saja.

Dalam album ini janet mengajak Jermaine Dupri yang merupakan mantan kekasihnya untuk penggarapan di studionya. Sedangkan sebagai pencipta lagu ia menggandeng beberapa nama terkenal seperti The Dream, Tricky Stewart, Lil Jon, Satrgate, Ne-Yo dan Johnta Austin. Sedangkan Rodney Jerkin, selain memproduseri dia juga menulis lagu Feedback bersama Dernst Emile.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: