Kolektor Rokok: Menikmati Tanpa Membakar

BAGI sebagian orang, menghisap rokok merupakan kenikmatan tersendiri. Beberapa bilang, rokok adalah teman yang setia yang tak pernah mengeluh. Sebagian lagi bilang, rokok menjadi sumber inspirasi.

Bagi beberapa orang lainnya, ada pengalaman tersendiri dengan rokok. Segelintir orang bisamendapat kenikmatan rokok tetapi tanpa menghisapnya. Kepuasan mereka dapatkan dari  mengoleksi rokok.

Salah seorang yang mempunyai kebiasaan unik itu adalah Butet Kertarajasa. Seniman asal  Jogja ini  serius mengoleksi rokok sekitar tahun 2004. Tapi, sebenarnya ia sudah menyukai dan mengumpulkan gambar-gambar bungkus rokok sejak kecil. Caranya, ia menggunting gambar di bungkus rokok itu, lalu menempelkannya di buku. “Kebanggaannya, punya banyak gambar,” tutur pria yang juga perokok berat ini.

Butet mulai serius mengoleksi bungkus rokok saat ia mengunjungi ke Kediri, tahun 2004 itu. Ketika itu, ia kehabisan rokok. Saat mencari di warung-warung, ternyata rokok kesukaannya tidak ada. Yang ia temukan malah rokok yang mereknya tidak pernah ia kenal. Lantaran penasaran, Butet langsung memborong rokok-rokok tersebut. Saat perjalanan pulang dari Kediri ia masih terus memburu berbagai merek rokok. “Perjalanan yang seharusnya empat jam jadi delapan jam,” tambahnya. Di setiap perempatan ia berhenti untuk mencari rokok. Hasilnya? Butet menemukan 400 merek rokok.

Kolektor rokok lainnya adalah Sumbo Tinarbuko. Dosen mata kuliah Semiotika Iklan dan Penulisan Naskah Iklan di Jurusan Komunikasi FISIP Universitas Atmajaya Yogyakarta ini mulai mengoleksi rokok sejak tahun 1993. Sumbo juga mengumpulkan rokok-rokok yang tidak terkenal di pasaran dan harganya kurang dari Rp 5.000 per bungkus. “Saya menyebutnya rokok indie,” ujarnya.

Hobi mengoleksi rokok bermula saat Sumbo menjadi Dosen Pembimbing Lapangan Kuliah Kerja Nyata (DPL-KKN) ISI Yogyakarta, di daerah Kalibagor, Purwokerto, Jawa Tengah pada tahun 1993. Di sana, ia menemukan rokok berbentuk sigaret kretek dengan merek “Praoe Lajar”. Rokok itu menarik perhatiannya karena desain kemasan rokok itu sangat unik.

Bagi Sumbo dan Butet hobi ini tak sekadar buang-buang duit. Manfaat koleksi rokok indie bagi Sumbo adalah membantu pekerjaan. Sumbo menjadikan gambar-gambar unik di bungkus rokok sebagai alat peraga dalam mengajar komunikasi visual. Sementara Butet mengaku sering mendapatkan ide saat memandangi koleksi rokoknya. Ia pernah menemukan rokok yang di dalam kemasannya terdapat kata-kata “Rokok ini memakai tembakau sangat canggih dan cocok untuk kaum intelektual.” Kalimat slogan ini justru memunculkan ide menulis di benak Butet.

Selama berburu rokok, Butet menjadi mahfum karakter warung penjual rokok. Warung yang bersih dan menggunakan etalase stainless steel, pasti tak menjual rokok unik. Rokok unik hanya ada di warung yang menggunakan etalase kayu. Saat ini, koleksi Butet mencapai 4.000 merek. Sedangkan Sumbo sudah mengumpulkan 600-an berbagai merek rokok.

111 Responses to “Kolektor Rokok: Menikmati Tanpa Membakar”

  1. PLS HELP URGENT….
    saya sedang mencari rokok BENTOEL BIRU KALENG
    KALAU ADA SILAHKAN TLP LANGSUNG SAYA KE 081802020501
    ALAMAT BANDUNG
    THANKS ALOT FOR KINDLY HELP
    DITUMGGU KABAR BAIKNYA SEGERA

  2. wah sama saya juga suka koleksi bungkus2 rokok !
    kalo cari rokok2 impor biasanya dimana?? trus kalo rokok2 lokal itu carinya juga dimana ?
    mohon balasanya ?
    djanuarz@gmail.com

  3. Anang Purnawan Says:

    Pak mohon dibantu kami cari rokok Jarum kretek 76 isi 10 batang.
    Produk ini terbitan tahun 1990..an.

    terima kasih

  4. To Real Collector..
    Buat Kolektor beneran yang cari rokok Sampoerna KOSTRAD ama Sampoerna Exclusive th 2004 silahlan hub 081932881389..

  5. Untuk yang mempunyai merk rokok yang telah lama silahkan hub 02276014050……………tks,

  6. Guys, saya sedang mencari rokok Salem Merah, mohon untuk dapat langsung menghubungi saya atau mohon informasi dimana saya bisa mendapatkannya. Terima kasih sebelumnya..

    Salam,
    INdra

  7. Mohon informasinya bila ada koleksi merek Delima bungkus bergambar buah delima. Seandainya dapat beli dimana alamat atau nomor telp yang bisa dihubungi, terima kasih atas bantuannya.
    Sumadi

  8. Mohon Info Rokok Siong Merk Bintang Mas

  9. bozz….saya sedang cari rokok sampoerna MEDIUM,tolong kolektor yang punya dobelan bisa di tukar ga?

  10. Saya minta tolong dimana saya bisa beli Rokok atau pembungkus Rokok merk2 jadul terkenal spt
    Commodore, Kansas, Lancer, Kresta, Mascot, Escort, Lucky Strike Special Edition/bergambar.
    Rokok kaleng juga minat (dlm & luar negeri).
    Thanks infonya.

    • jual kaleng bekas rokok gudang garam inter dan surya jumlah banyak bisa, kalo berminat hubungi fendry 085330023002. surabaya makasih

    • PERMISI🙂 ane mau jual ni roko yg udah jarang di pasaran

      ARDATH MERAH&biru

      BENSON&HEDGES (tidak ada tulisan meroko dapat menyebabkan)

      LONG BEACH

      KANSAS MERAH

      KANSAS HIJAU(mentol)

      BENTOEL BIRU

      DUNHILL (tidak ada tulisan meroko dapat menyebabkan)

      MUSTANG

      KANSAS KRETEK KUNING 1970

      COMODORE 1980

      ESCORT 1980

      ARDATH HIJAU 1980

      COMFFIL (C0MMODORE FILTER)

      555 krem 1980

      di utamakan COD wilayah bandung dan cimahi
      yg mau lihat kerumah langsung aja ke alamat:
      komplek perumnas cijerah 2 , blok 14 no:1
      cimahi selatan ,kota cimahi

      kirim2 juga boleh buat yg percaya🙂

      tlp:087722083002
      pin:73DAACBE

      foto bisa di lihat di–> http://www.tokobagus.com/iklan/koleksi-roko-jadul-46793663.html#pn_ec846aad85ef4c6d8e36b7b2769ab140

  11. bisa hubungi saya per sms : 0818-0808 0107 atau e-mail : FLTEFILA@CENTRIN.NET.ID

  12. david solo Says:

    saya mencari rokok bentoel filter pertama yg bungkusnya biru semua kalo ada hub.david solo tlp.02717933511 butuh buat koleksi nich.mohon para senior mensuport saya matur nuwun

  13. email david solo :saysboys@gmail.com

  14. tolong minta info rokok SIONG bungkus klobot jagung dengan lis kuning emas, klo ada tolong kasih infonya

  15. saya sedang mencari rokok BENTOEL BIRU KALENG
    KALAU ADA SILAHKAN email KE dicky_010604@yahoo.co.id
    THANKS ALOT FOR KINDLY HELP
    DITUMGGU KABAR BAIKNYA SEGERA

  16. reva lianolianzah Says:

    saya lagi nyari rokok commodore bunkus warna merah ama srutu cap kinjeng&rokok 55’tolong kasih info nya’hub..087710175303

  17. saya mencari rokok Escort yg bungkusnya warna abu abu..hub. 0819 0123 3686. tq atau email ke sbastiaanmakagiansar@yahoo.com

  18. saya mencari rokok djarum D kretek,,kalo juragan bisa dapet / punya mlahan..hub saya ya di nmer 085292254321.trims.
    bapak dika

  19. Mohon Info Rokok Kretek Merk 55…Saya Sedang Cari, Kalo Ada Hubungi : 081571294027

  20. SERIUS : Mohon Info Rokok Kretek Merk 55…Saya Sedang Cari, Kalo Ada Hubungi : 081574294027 (maaf yg atas No HPnya kurang) thakas

  21. Saya minta tolong dimana saya bisa beli Rokok jadul terkenal spt
    Commodore, Kansas, Escort, Mohon Hub ke No. 081330226617

    • PERMISI🙂 ane mau jual ni roko yg udah jarang di pasaran

      ARDATH MERAH&biru

      BENSON&HEDGES (tidak ada tulisan meroko dapat menyebabkan)

      LONG BEACH

      KANSAS MERAH

      KANSAS HIJAU(mentol)

      BENTOEL BIRU

      DUNHILL (tidak ada tulisan meroko dapat menyebabkan)

      MUSTANG

      KANSAS KRETEK KUNING 1970

      COMODORE 1980

      ESCORT 1980

      ARDATH HIJAU 1980

      COMFFIL (C0MMODORE FILTER)

      555 krem 1980

      di utamakan COD wilayah bandung dan cimahi
      yg mau lihat kerumah langsung aja ke alamat:
      komplek perumnas cijerah 2 , blok 14 no:1
      cimahi selatan ,kota cimahi

      kirim2 juga boleh buat yg percaya🙂

      tlp:087722083002
      pin:73DAACBE

      foto bisa di lihat di–> http://www.tokobagus.com/iklan/koleksi-roko-jadul-46793663.html#pn_ec846aad85ef4c6d8e36b7b2769ab140

  22. Saya minta tolong dimana saya bisa beli Rokok jadul terkenal spt
    Commodore, Kansas, Escort, Mohon Hub ke No. 081330226617

    • Sy ada commodore soft pack & Kansas merah-biru

      • PERMISI🙂 ane mau jual ni roko yg udah jarang di pasaran

        ARDATH MERAH&biru

        BENSON&HEDGES (tidak ada tulisan meroko dapat menyebabkan)

        LONG BEACH

        KANSAS MERAH

        KANSAS HIJAU(mentol)

        BENTOEL BIRU

        DUNHILL (tidak ada tulisan meroko dapat menyebabkan)

        MUSTANG

        KANSAS KRETEK KUNING 1970

        COMODORE 1980

        ESCORT 1980

        ARDATH HIJAU 1980

        COMFFIL (C0MMODORE FILTER)

        555 krem 1980

        di utamakan COD wilayah bandung dan cimahi
        yg mau lihat kerumah langsung aja ke alamat:
        komplek perumnas cijerah 2 , blok 14 no:1
        cimahi selatan ,kota cimahi

        kirim2 juga boleh buat yg percaya🙂

        tlp:087722083002
        pin:73DAACBE

        foto bisa di lihat di–> http://www.tokobagus.com/iklan/koleksi-roko-jadul-46793663.html#pn_ec846aad85ef4c6d8e36b7b2769ab140

  23. Lutfi Hermawan Says:

    Saya minta tolong dimana bisa mendapatkan rokok escort tahun 1980 isi 12 batang warna kuning dibelakang ada gambar kerbau, mohon hubungi 085230064554

    • aku juga cari tu rokok escort…kalo dapat aku hubungi juga

      • PERMISI🙂 ane mau jual ni roko yg udah jarang di pasaran

        ARDATH MERAH&biru

        BENSON&HEDGES (tidak ada tulisan meroko dapat menyebabkan)

        LONG BEACH

        KANSAS MERAH

        KANSAS HIJAU(mentol)

        BENTOEL BIRU

        DUNHILL (tidak ada tulisan meroko dapat menyebabkan)

        MUSTANG

        KANSAS KRETEK KUNING 1970

        COMODORE 1980

        ESCORT 1980

        ARDATH HIJAU 1980

        COMFFIL (C0MMODORE FILTER)

        555 krem 1980

        di utamakan COD wilayah bandung dan cimahi
        yg mau lihat kerumah langsung aja ke alamat:
        komplek perumnas cijerah 2 , blok 14 no:1
        cimahi selatan ,kota cimahi

        kirim2 juga boleh buat yg percaya🙂

        tlp:087722083002
        pin:73DAACBE

        foto bisa di lihat di–> http://www.tokobagus.com/iklan/koleksi-roko-jadul-46793663.html#pn_ec846aad85ef4c6d8e36b7b2769ab140

  24. ary adi Says:

    saya cari rokok djarum D isi 10. kalau ada tlg hub. 081904170958

  25. punya rokok comodor gk…
    klo da /bungkus brapa?

  26. saya nyari rkok commodor apa,bentoel biru kemasan kaleng lo ada hub.saya 08562802707.secepatnya…..

  27. saya cari rokok salem warna bungkus merah bukan yang hijau kalou ada saya pesan 6 bungkus hub: 081339884162

  28. Ada yang tahu dimana lokasi bs sy beli rokok commodore & escort,plz ? tks

  29. ada yg tau dimana cari rokok ardath putih keluaran tahun 1992 yg bungkusnya tulisam ardath doang polos tanpa logo? klo ada yg tau atau punya bisa hub ane di 02270003008 tengkiu B4

  30. saya ada rokok commodore sobek hub 085742170981

  31. Saya mencari rokok salem merah kluaran 52 tlg hubing kami 085318458233

  32. Saya punya rokok kansas 10bks,yg minat hub 087879957490

  33. Pak saya ingin sekali kolesi rokok bentul biru kaleng jika teman teman , punya segera hubungi saya di 082129495777 berapa aja sy akan bayar krn untuk melrngkapi kolesi sya terima aksih di tunggu infonya

  34. saya Lgi cari rokok Djarum D apa bilang ada info hubungi saya.. URGENT 08569005255 ( harry )

  35. CLEO DIERA Says:

    gua nyari rokok ardath light warna putih,bagi yg tau ato bhkan punya silahkan hub.085227161646. se slop gua berani byar 5jt

  36. toni putranto Says:

    Sy punya 1 bungkus rokok merk mascot harga 35 jt bs nego

  37. toni putranto Says:

    ini no hp sy 087885972272 kalau ad yg perlu rokok minak djinggo filter dan comodore serta ardath

  38. jual kaleng bekas rokok gudang garam inter dan surya jumlah banyak bisa, kalo berminat hubungi fendry 085330023002. surabaya makasih

    • saya pemilik pabrik rokok PONCO.
      ada rokok siong klembak menyan.di jamin mantap buat yang pengen coba rokok paling mantap.hub.083869764318,

  39. Sya butuh rokok kansas kuning klo nga merah,,tp bungkus sobek,,bukan ЧĞ kotak,,,bila ada hubungi sya,,,
    085775662312

  40. klo rokok msoong yg gmbr petromak ad g gan?

  41. saya lagi cari rokok maskot kalo ada tlong hub : 085280018045 – 085813549199/ hub email : al_wasi@yahoo.com

  42. cahyadi Says:

    saya di surabaya menawarkan ada sekitar 100 merk rokok campur dari rokok indie,rokok non cukai dan rokok baru. kalo minat bisa email di cahyadiwibowo@yahoo.co.id..matur nuwun

  43. jika ada yg punya rokok ardath,hub saya di no 081907766663

  44. fryandita Says:

    gan tolong kalo ada yang tau rokok saleem merah atau mascot hubungin saya nohp(08997251058)

  45. saya butuh rokok kansas kuning plain (kretek), commodore, tapal kuda, dll (rokok jadul) ada yg bisa bantu saya butuh sekali hubungi sms/call di 085861897710

  46. yang butuh rokok ardath merah saya ada, tinggal 2 bungkus….hub 085880490524

  47. saya ada kumpulan lembaran koleksi cap rokok mulai tahun akhir 40an sampai paling muda awal 70an semua produk dalam negeri,minat 081223101027

  48. aji pangestu loh Says:

    w juga cari ardath putih,kalo ada telpon w,081541549523,bisa bagi hasil am w,w rasa lo orang nyambung maksud w.

  49. saya lagi cari bentoel merah,bukan untuk koleksi,urgent.kl ada yg punya info mohon sangat di sms 082134290564.thanks

  50. Saya sedang membutuhkan rokok kretek djarum D, ada yg bisa bantu saya hub. 085290291816.

  51. kata sandi Says:

    saya lagi cari rokok lancer klo ada hub 081318055696

  52. kata sandi Says:

    saya imron di depok kalo ada yg punya rokok LANCER yg bergambar orang vnaik kuda bawa bendera hub 081318055696 mksh di tunggu info nya.

  53. haripawoko Says:

    saya cari rokok gudang garam merah isi12 batang edisi lama keluaran antara 2000 sd 2011

  54. pak ada rokok siong hub saya 085790200748

  55. Saya punya rokok commdore cukai Rp.400 code B.0001 asli…barang langkah.hanya ad Satu bungkus saja.buat yg minat serius bisa hub 085775770977…no SMS.

  56. dedi romeo Says:

    Saya butuh rokok kansas klw ada hub saya di 082383747906

  57. saya mau jual roko kansas,ardath,bentoel filter biru,dunhil, nah yg unik yg paling unik yg sya punya roko LONG BEACH, yg ikalanya booming dgn lagu nya!! DAN roko BENSON yg blm ada tulisan meroko dapat menyebabkan.. YG MINAT SILAHKAN HUB:087722083002

  58. ada yang punya ardath hijau gag,,,siap beli mahal,,,hub 081392881188

  59. Irameymey Irameymey Says:

    Sy lg nyari roko kansas kuning,yg punya hubungi sy y di085223759549…tolong y sy lg membutuhkanya

    • PERMISI🙂 ane mau jual ni roko yg udah jarang di pasaran

      ARDATH MERAH&biru

      BENSON&HEDGES (tidak ada tulisan meroko dapat menyebabkan)

      LONG BEACH

      KANSAS MERAH

      KANSAS HIJAU(mentol)

      BENTOEL BIRU

      DUNHILL (tidak ada tulisan meroko dapat menyebabkan)

      MUSTANG

      KANSAS KRETEK KUNING 1970

      COMODORE 1980

      ESCORT 1980

      ARDATH HIJAU 1980

      COMFFIL (C0MMODORE FILTER)

      555 krem 1980

      di utamakan COD wilayah bandung dan cimahi
      yg mau lihat kerumah langsung aja ke alamat:
      komplek perumnas cijerah 2 , blok 14 no:1
      cimahi selatan ,kota cimahi

      kirim2 juga boleh buat yg percaya🙂

      tlp:087722083002
      pin:73DAACBE

      foto bisa di lihat di–> http://www.tokobagus.com/iklan/koleksi-roko-jadul-46793663.html#pn_ec846aad85ef4c6d8e36b7b2769ab140

  60. PERMISI🙂 ane mau jual ni roko yg udah jarang di pasaran

    ARDATH MERAH&biru

    BENSON&HEDGES (tidak ada tulisan meroko dapat menyebabkan)

    LONG BEACH

    KANSAS MERAH

    KANSAS HIJAU(mentol)

    BENTOEL BIRU

    DUNHILL (tidak ada tulisan meroko dapat menyebabkan)

    MUSTANG

    KANSAS KRETEK KUNING 1970

    COMODORE 1980

    ESCORT 1980

    ARDATH HIJAU 1980

    COMFFIL (C0MMODORE FILTER)

    555 krem 1980

    di utamakan COD wilayah bandung dan cimahi
    yg mau lihat kerumah langsung aja ke alamat:
    komplek perumnas cijerah 2 , blok 14 no:1
    cimahi selatan ,kota cimahi

    kirim2 juga boleh buat yg percaya🙂

    tlp:087722083002
    pin:73DAACBE

    foto bisa di lihat di–> http://www.tokobagus.com/iklan/koleksi-roko-jadul-46793663.html#pn_ec846aad85ef4c6d8e36b7b2769ab140

  61. PERMISI🙂 say mau jual ni roko yg udah jarang di pasaran

    ARDATH MERAH&biru

    BENSON&HEDGES (tidak ada tulisan meroko dapat menyebabkan)

    LONG BEACH

    KANSAS MERAH

    KANSAS HIJAU(mentol)

    BENTOEL BIRU

    DUNHILL (tidak ada tulisan meroko dapat menyebabkan)

    MUSTANG

    KANSAS KRETEK KUNING 1970

    COMODORE 1980

    ESCORT 1980

    ARDATH HIJAU 1980

    COMFFIL (C0MMODORE FILTER)

    555 krem 1980

    di utamakan COD wilayah bandung dan cimahi
    yg mau lihat kerumah langsung aja ke alamat:
    komplek perumnas cijerah 2 , blok 14 no:1
    cimahi selatan ,kota cimahi

    kirim2 juga boleh buat yg percaya🙂

    tlp:087722083002
    pin:73DAACBE

    foto bisa di lihat di–> http://www.tokobagus.com/iklan/koleksi-roko-jadul-46793663.html#pn_ec846aad85ef4c6d8e36b7b2769ab140

  62. ari mix mixael Says:

    Saya mau jual rokok L.A,,,,CUMA YG UNIK rokoknya masih terbungkus baru dan ada 2 perangko dalamnya,,,,minat 085252188186, 75fd012a

  63. saya nyari bungkus2 rokok jaman dulu daerah purworejo dan sekitarnya,,,hubungi 085717708745

  64. rokok cap sinar petromak ada gak ya,, kalo ada reply email saya ya.. trims..

  65. isnawati Says:

    Saya lg cari rokok minak djinggo diyogya ada dimana ya? Tlg info nw

  66. saya lagi cari rokok klembak menyan BIMA…tlg info ya

  67. Sy ada koleksi rokok2 :
    Commodore soft pack, Commfil soft pack, Commfil king merah, Ardath merah, Ardath merah-putih, Ardath blue, Ardath java america, Pall Mall merah/biru/hijau/putih, Kansas merah/biru/hijau, Kansas soft pack oranye, Salem menthol, Panama super, Once, Galan 999, Hero, Union, Laksmi, Dunhil putih, dll
    Jika berminat hubungi 081320701817

  68. kalo ada yang nyari rokok commodore , ardath , cansas, jambu bol dll hubungi saya ke nomor 085766637472

  69. saya lagi nyari rokok gudang garam merah kamasan lama klw ada hub saya di 081322212347

  70. Minta info ya gan .. Saya lagi cari rokok. Gudang mas king size merah ama rokok gudang semen merah. Kalau ad tolng zmz ya gan .
    082157839398
    Terima kasih

  71. Ahmad Naufal Says:

    Sy ada commodore,kansas,ardat. Jambu bol 085766637472

  72. mas iyon Says:

    sy ada rokok comodore keluaran pertama yg sofpac bandrol rp 55 yg king/kotak bahdrol rp 100 kalau minat hub ke no 0821819477
    55

    • ahmad naufal Says:

      Sy ada rk jambu bol,555 kuning,ardath,kansas,comodor,234 kaleng 99 / 100 tahun dll hub 082181947755 / 085766637472

  73. Saya cari rokok Krisna King Size KR 12.
    Hub saya di 0817 66 55 11 6.

  74. SAYA BUTUH ROKOK BENTU BIRU YANG KALENGAN BAGI YANG PUNYA INFO BISA HUB SAYA… BUKAN UNTUK KOLEKSI… PENTING TOLONG BANTU YA GAN.. TERIMAKASIH… NI NO HP SAYA…087719829215

  75. Ni bos saya punya rokok kansas merah , marcopollo yang minat bisa hubungi saya: 082281847399

  76. saya punya bungkus rokok jarum super gambar garuda simbol negara. da yang mau hubungi sya 085326307101

  77. saya lagi nyari rokok ardath merah-putih, dibawahnya ada tulisan kenikmatan sukses.
    yang punya dan mau dijual hubungi saya di 085294709777
    Hatur nuhun

  78. Salam semuanya… sy butuh sekli rokok krisna king size 12 atau kl ada yg isi 3 btg, atau isi 6 btg. Juga mau. Dibeli. Hub sy di no. 085213060451. Antoni

  79. Mba / mas saya lg cari roko krisna thn 70.an klw ada chat saya di nmor 089633705152

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: