Gorillaz: Musik Unik dan Aneh dari Band Misterius

Grup band virtual Gorillaz langsung melejit pada saat memulai debut di album pertama mereka yang dirilis tahun 2001. Nah, Belum lama ini mereka kembali dengan album baru. kembalinya mereka tetap mengusung gaya bermusik yang unik.

LAMA tak terdengar, band asal Inggris Gorillaz kembali merilis album baru. Album yang bertajuk D-Sides ini sedikit berbeda dengan album mereka sebelumnya.

Kali ini Gorillaz mengemas albumnya dalam dua keping disc. CD pertama berisi 13 lagu baru. Sementara CD kedua mengambil sembilan lagu dari album Demon Days dengan aransemen ulang (remix).

Sama seperti album sebelumnya, Gorillaz tetap mengusung aliran musik yang unik. Mereka memadukan musik hip hop, jazz, country, punk, rock hingga pop yang melodic. Singkat kata, Gorillaz mengusung semua aliran dan jenis musik yang jadi kesukaan anak muda saat ini.

Selain itu Gorillaz juga menyempilkan musik tradisional di album anyarnya. Dengar saja lagu di disc pertama yang berjudul Hong Kong. Bunyi alat musik petik khas China muncul di sepanjang lagu, berpadu dengan permainan gitar dan juga alunan piano menghasilkan nada-nada yang serasi. Tetapi, bagi yang tidak menyukai aliran musik Gorillaz, tentu saja akan sulit untuk menikmatinya. Maklum saja lagu yang berdurasi tujuh menit ini memang terdengar membosankan.

Hampir sama dengan lagu Rockit. Di awal lagu, musiknya terasa sangat ngerock. Tetapi di tengah-tengah, tiba-tiba berganti dengan aliran tekno yang monoton. Tetapi memang seperti itulah Gorillaz, unik dan aneh. Tengok saja lagu-lagu mereka di album sebelumnya. Misalnya Clint Eastwood atau Feel Good Inc. Lagu-lagu itu pasti terdengar monoton, sangat kekanak-kanakan dan menyerupai film kartun. Tetapi gaya musik seperti itulah yang malah membuat banyak orang menyukai Gorillaz.

Gorillaz berdiri pada bulan April 1998. Lalu kemudian merilis album perdana berjudul Gorillaz pada 2001 dengan salah satu hitsnya Clint Eastwood. Di setiap penampilannya, Gorillaz selalu mengenalkan diri sebagai 2D alias Stu-pot vokalis sekaligus pemain keyboard, Murdoc Niccals yang bermain bas, Noodle pada gitar, dan Russel Hobbs si penggebuk drum.

Band ini terkenal tak pernah menampakkan wajah aslinya, bahkan di panggung sekali pun. Mereka menyembunyikan identitas dengan gambar animasi. Tetapi beberapa penggemar Gorillaz pasti sudah bisa menebak beberapa personil Gorillaz.

Siapa lagi kalau bukan Damon Albarn yang merupakan anggota band Blur dan Jamie Hewlett seorang pencipta kartun Tank Girl.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: