DJ Romy: Mari Bersatu Menikmati Dentaman Musik House

Penyebar virus musik house di Jakarta itu menerbitkan album terbarunya. Kendati menghidangkan musik techno yang hingar bingar. namun DJ Romy mengambil tema yang serius. Persatuan dalam perbedaan, tak beda dengan semboyan negeri ini, yaitu Bhinneka Tunggal Ika.

DENTUMAN bas yang mengentak ritmis terdengar seperti berlomba dengan nada efek keyboard yang terus merambat tinggi. Saat mencapai puncak nada yang tertinggi, dentuman bas jadi lebih menggelegar. Intro lagu Unity in Diversity ini seperti mengajak clubbers untuk segera turun ke lantai, mengangkat tangan dan menggoyangkan kepala.

Unity in Diversity merupakan single dari album berjudul sama hasil karya Disc Jockey (DJ) Romy. Ini merupakan albumnya yang ke lima. Album-album sebelumnya adalah DJ Romy Retro (2000), The Four Chapters Of Life (2000), Journey to Underground Tribal Progressive (2003), dan Club Hoppers #04 (2006).

Setiap orang punya cara berbeda untuk menyampaikan pesan. Nah, DJ Romy memilih untuk menyampaikan pesan melalui musik. Dan tidak seperti kebanyakan musisi lain, DJ Romy memilih musik house. Tepatnya, gaya bermain DJ Romy terpengaruh aliran tech house, deep house, underground tech tribal, tribal progressive, deep trance hingga 3-deck techno dan underground electro.

Namun, biarpun memainkan musik yang dekat dengan kesan glamor, namun cucu Bung Karno ini mengambil tema yang serius untuk album ini, yaitu persatuan dalam perbedaan. Ya, judul album DJ Romy memang terinsipirasi oleh semboyan negara ini, Bhinneka Tunggal Ika.

Dalam album yang berisikan 13 lagu ini, DJ Romy tidak bekerja sendirian. Ada beberapa DJ lain yang turut menemaninya. Dalam lagu One Love, DJ Romy menggamit Tony Thomas dalam proses mixing juga programming. Sementara dalam lagu When I See The Sun at Jimbaran, Didi The Dub Wave menemani DJ Romy.

Di antara para penggemar musik ajep-ajep, DJ Romy tentu bukan nama asing. Ia mengenal acid house pertama kali saat bersekolah di London, Inggris. Begitu kembali ke Jakarta pada awal 1990-an, DJ Romy pun mulai memperkenalkan aliran techno dan underground house ke para clubber ibukota.

Satu dekade silam, anak muda Jakarta yang senang keluar menikmati hiburan malam pasti pernah mendengar tempat hangout bernama B1. Nah, DJ Romy adalah magnet B1, yang berjuluk underground club itu. Pria kelahiran 4 Januari 1970 ini juga ikut memperkenalkan pesta rave.

Di tahun 1993, DJ Romy menggelar pesta rave pertama di Indonesia, yang berlokasi di Aircraft Resto, Puncak. Setahun berikutnya, DJ Romy menyelenggarakan pesta rave di resor Pisita, Anyer. DJ Romy juga merupakan pendiri 1945 MF yang rutin menyelenggarakan event clubbing.

One Response to “DJ Romy: Mari Bersatu Menikmati Dentaman Musik House”

  1. Mantap. DJ Romy memang benar2 pelopor musik DJ di Indonesia …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: