Nikmatnya Kepiting Saus Padang Seafood Ayu Kelapa Gading

Jika bertandang ke Kedai Seafood Ayu pada Sabtu atau Minggu, jangan harap Anda bisa langsung duduk dan menikmati hidangannya. Anda harus menanti cukup lama untuk mendapatkan tempat duduk. Tapi, penantian itu langsung terbalas saat mencecap nikmatnya kepiting saus padang.

KELAPA Gading merupakan surganya penganan. Mau cari masakan apa saja ada di sini. Apalagi kalau mencari seafood, Kelapa Gading merupakan salah satu kiblatnya. Banyak tenda atau resto yang menyediakan masakan seafood. Tengok saja ada seafood Wiro Sableng 212, Kepiting Cak Gundul, Ratu Kepiting, dan beberapa lainnya. Nah, ada satu lagi yang perlu Anda jajal. Namanya Seafood Ayu. Kedai ini sudah ada sejak tahun 2004. Letaknya agak tersembunyi, soalnya ada di dalam kompleks Balai Samudera.

Tapi, jika Anda berkunjung ke Balai Samudera dan bertanya Seafood Ayu, semua orang di situ pasti sudah tahu. Kalau sudah ketemu, cobalah memesan kepiting saus Padang yang merupakan hidangan andalannya. Cuma, kalau Anda kurang suka pedas, jangan coba-coba memesan hidangan ini. Soalnya menu ini pedasnya nendang banget. Di suapan pertama, Anda pasti akan merasakan sensasi pedasnya. Tapi, pedas tersebut akan segera hanyut saat Anda menikmati gurihnya daging kepiting yang gemuk-gemuk.

Nah, setelah kepiting di piring Anda ludes, rasa pedas itu kembali menyeruap. Bahkan, sampai tertinggal cukup lama di lidah. Anda bisa sedikit mengobati rasa pedas tersebut dengan memesan es kelapa muda. Nyes! Rasa pedas segera tertimbun oleh segarnya air kelapa muda.

Ayu -begitulah pemilik Seafood Ayu ini minta disebut- menuturkan, rasa pedas yang ada di masakan saus padang berasal dari cabe matang pohon yang masih segar. “Kalau bumbu lain, ya, biasa saja,” katanya. Untuk saus Padang, Ayu membumbuinya dengan garam, bawang putih, bawang merah, pala, dan cabe merah yang dihaluskan. Cara memasaknya pun sama. Mula-mula Ayu menumis bumbu halus, bawang bombai, dan sedikit jahe. Lalu, ia menambahinya dengan saus tomat dan saus sambal. Baru kemudian memasukkan kepiting.

Selain kepiting, Seafood Ayu juga menyediakan hidangan lain. Sebut saja ikan bawal, ikan barongan, udang, cumi, kerang. Berbagai hidangan laut itu bisa Anda minta untuk dimasak rebus, saus tiram, asam manis, saus mentega, atau lada hitam. Menu cumi goreng tepung rasanya cukup mengena. Gurih dan renyah. Untuk menghidangkan biasanya Seafood Ayu melengkapinya dengan saus sambal yang tidak terlalu pedas, tapi cukup membuat lidah bergoyang.

Setiap menu diperhitungkan benar porsinya. “Kalau untuk kepiting memang satu piring pasti ada dua ekor,” ungkapnya. Ayu yakin, banyak orang yang datang kembali ke tempatnya karena memang porsinya pas. Selain itu, harga yang ia tawarkan juga tak membuat kantong jebol. Untuk seporsi kepiting, Ayu membanderolnya Rp 55.000 sampai Rp 60.000. Untuk kepiting telur ia memasang harga Rp 60.000-Rp 65.000. Sedangkan untuk cumi, harga seporsinya Rp 12.000. Jika datang pada hari Sabtu atau Minggu, Anda wajib antre. Bahkan, tidak jarang pengunjung harus menyantap hidangannya di dalam mobil.

Tapi, jika Anda sudah mendapatkan tempat duduk, pesanan Anda akan langsung diantarkan. Ayu memang sengaja menghidangkan segera menu pesanan pelanggannya, karena ia tidak ingin pelanggannya menunggu terlalu lama. Oleh sebab itu, Ayu sudah memasak semua menunya setengah matang tanpa dibumbui. “Kalau ada pesanan, kita tinggal matengin sama nambahin bumbu,” katanya.

Dia menyiapkan semuanya di warung ini. Mulai dari menerima bahan, meracik, sampai mengolah. “Biasanya, sih, mulai dari jam 3 sore,” ungkapnya. Kedai Ayu buka mulai dari jam 5 sore sampai dengan jam 12 malam setiap hari. Pada hari Sabtu atau Minggu, kedai ini bisa buka sampai jam 1 malam. Seafood Ayu hanya libur saat Lebaran. “Tapi liburnya bisa sampai sebulan,” seru Ayu sambil tertawa.

Stok bahan-bahan diperoleh Ayu dari berbagai tempat. Untuk kepiting, Ayu mengambilnya dari Indramayu. Adapun kerang dan udang berasal dari Cilincing. Menurut Ayu, kepiting dari Indramayu mempunyai kualitas yang bagus, besar-besar, dan juga segar. Dalam sehari Ayu bisa menghabiskan satu kuintal kepiting. “Kalau hari Minggu bisa lebih dari itu,” ungkap Ayu.

Para pelanggan Seafood Ayu bukan hanya dari kawasan Kelapa Gading, melainkan juga dari berbagai tempat lain yang cukup jauh. “Dari Tangerang, Bekasi, dan Cibubur juga ada,” katanya. Lantaran pelanggannya banyak juga yang dari jauh, Ayu tak ingin mengecewakan mereka. Jangan heran, saban hari ia menyiapkan asupan agak berlebih agar pelanggan tidak kehabisan. Saat ini kedai Seafood Ayu bisa memuat kurang lebih 400 orang. Dan, itu bisa bertambah lagi jika pengunjung datang lebih banyak. Ayu tinggal menambah kursi dan meja. Tapi, ini hanya berlaku jika tidak turun hujan. Maklum, tam-bahan tempat itu tanpa atap. Sehingga, jika hujan turun si pembeli bisa berbasah-basah.

3 Responses to “Nikmatnya Kepiting Saus Padang Seafood Ayu Kelapa Gading”

  1. angga386 Says:

    enak

  2. Art The Nan Says:

    Enak bgd..jadi kangen sama rasa pedas nya🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: